Selasa, 17 Maret 2015

[Review] Moto E, Your Simply & Handy Companion !!


Sudah lama ane pengen nulis review ini, tapi berhubungan sibuk jadi baru bisa post sekarang.
Setelah beberapa bulan pegang hh ini belum ada masalah dari segi performa ataupun hal lainnya, so mungkin late review ini bisa jadi pertimbangan sobat sekalian yang mau mencoba hh ini.



Dimensi
Ukuran Moto E mungkin terlihat mungil apabila dibandingkan dengan hh yang beredar saat ini, dimensi ukurannya P:12,5cm L:6,6cm T:1,23cm dan berat 142g, sedikit lebih kecil bila dibandingkan kakaknya Moto G dengan berat yang hampir sama.

Display
Moto E menggunakan tehnologi layar IPS dengan resolusi yang lumayan besar ( 540x960px ) dipenampang 4,3". Ini membuat layar terlihat rapat dan jernih bahkan saat dimiringkan pun masih bisa terlihat dengan baik hasilnya. Nilai plus nya layar ini telah disematkan juga Gorilla Glass 3™, dimana kalian mendapatkan hal seperti ini untuk hh seharga 1jt?.

Desain
Moto E mempunyai desain unibody dengan bentuk candy bar, dimana batere menjadi satu dengan body utama , secara fisik bentuknya tidak jauh berbeda dari suksesornya Moto X dan Moto G. Bagian cover depan menggunakan plastik alloy yang lumayan padat membuatnya terlihat kokoh, sedang dibagian cover belakang bahannya sedikit berserat dan menyerap minyak yang membuatnya tidak licin saat di genggam satu ataupun dua tangan, menariknya user bisa mengganti back cover ini dengan beragam warna yang disuka sebagai aksesoris tambahan, hanya saja bagian ini sering sekali terlihat kusam.

OS
Di paket awal hh ini sudah mengaplikasi Android 4.4.4 ( update official motorola 5.0.2 ), sebuah nilai tambah ketersediaan update untuk mencicipi Android versi terbaru.

Spesifikasi
Dapur pacu Moto E menggunakan chipset Qualcomm Krait 200 dual core 1,2Ghz, Gpu Adreno 302, serta ram 1GB, membuatnya cukup menghandle beberapa aplikasi bersamaan ditambah dukungan os terbaru membuat kinerjanya makin optimal. Memory internal disediakan sebesar 2GB mungkin sangat kecil untuk ukuran hh saat ini yang rata-rata 4GB, tapi ketersediaan slot SD sampai 32GB bisa mengatasi hal ini. Disektor batere kapasitas 1980Mah masih cukup untuk bertahan 1 hari pemakaian normal dan moderate dalam 1x charge. Sangat irit bukan?.

Fitur& Multimedia
Audio PlaybackMoto E memiliki speaker eksternal di bagian depan tepat di bawah layar, output yang dihasilkan dari player music bawaan lumayan keras dan jernih bahkan lebih keras dibanding dengan Nexus 5 saat di set maksimal. Dari segi headset hal ini berbanding terbalik suara terdengar hambar tanpa bass yang kuat, disarankan menggunakan headset lain untuk mendongkrak kualitasnya.

Video PlaybackMoto E sudah support bermacam format video untuk dimainkan oleh player bawaannya, hanya disayangkan untuk format video dengan kualitas HD sepertinya Moto E agak kesulitan. Aplikasi video player pihak ke-3 bisa mengatasi hal ini.

Radio FMtidak ada yang istimewa disini, perlu memasang headset untuk dapat menangkap siaran.

GPS & Navigasimungkin ini adalah fitur yang ane suka, gps lock cepat dan akurasi yang lumayan tinggi membuat kalian tidak akan salah tujuan karenanya.

Gamingdukungan salah satu Gpu adreno terbaru membuatnya mampu menjalankan game dengan kualitas grafis yang baik, hanya faktor memory internal saja yang mungkin jadi kendala.

KameraMoto E dilengkapi dengan kamera belakang 5 megapixel tanpa kamera depan dan tanpa dukungan autofokus dan lampu flash, tidak ada yang bisa diharapkan disini. Fitur kamera bawaan sangat standar atau bisa dibilang biasa saja, tidak ada pengaturan exposure, iso atau lainnya, hanya fitur HDR saja yang mungkin cukup membantu untuk menangkap gambar sedikit lebih baik. Komposisi warna dari hasil foto yang dihasilkan pun terlihat pucat dan kurang kuat di saturasi. Secara umum untuk menangkap objek yang bersifat landscape dan kondisi cahaya yang baik kamera ini masih berguna. Untuk mengambil gambar dokumen, tulisan atau objek makro serta pengambilan minim cahaya dan di dalam ruangan baiknya kalian gunakan kamera lain saja.

Video recording, Seperti fitur pada kamera, kemampuan rekam video di Moto E hanya standar saja tanpa fitur ekstra, dan hanya mampu merekam video dengan ukuran maksimal 480p ( 720x480 ). Format video disediakan 2 pilihan Mp4 dan 3gp video dengan framerate 30fps, lumayan cepat dan baik hasilnya.



Kesimpulan
Dengan budget yang murah Moto E menghadirkan pengalaman user interface Android yang sangat clean, dukungan update dari vendor serta optimalisasi hardware yang baik jadi nilai utama di Moto E, tentu saja diluar faktor kamera yang jadi nilai minusnya. Tapi apakah semua orang butuh kamera ponsel yang super?. Silahkan sobat yang memutuskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar